peringatan 1 thn laptop gw

Tepat 1 tahun yang lalu, Sabtu, 15 Maret 2008, saya membeli laptop VAIO CR35G/T yang sampai saat ini masi saya pakai untuk mengerjakan tugas-tugas saya. Reviewnya bisa dilihat disini. Adapun setelah dipakai 1 tahun, belum ada tanda-tanda kerusakan yang parah. (hanya sedikit baret, dll).

Berikut review keadaannya:

baret_vaio1 baret_vaio2 baret_vaio3

Pada gambar sebelah kiri dan tengah, masalahnya ada pada mengelupasnya coating plastik. Namun masalahnya tidak hanya pada estetika (jadi jelek) saja, tapi juga mempengaruhi ground listrik. Perlu diketahui bahwa bingkai stainless yang berada di bawah laptop itu (yang digunakan untuk meletakan tombol play, stop, dll) terbuat dari logam (bukan dari plastik yang di crome). Hal ini terbukti dari bingkai tersebut bisa menghantarkan listrik dengan baik (bahasa keren-nya nyetrum) yang memegang bingkai tersebut. Pada awalnya saya tidak menemukan bahwa bingkai itu bisa menghantarkan listrik, namun semakin lama coating-nya rusak, terkadang jika laptop dicolok dengan adaptor dan ground listrik tempat mencolok adaptor tersebut jelek, maka bingkai itu bisa menyetrum siapapun yang memegangnya.

Intinya, carilah tempat mencolok adapter laptop yang memiliki ground bagus. Karena pengalaman saya men-charge laptop di kamar saya, saya tidak pernah tersetrum. Namun saat saya mencoloknya di kos teman saya, laptop selalu menyetrum. Langkah yang bisa dilakukan saya saat itu adalah mencoba menghindari kontak langsung laptop dengan tanah. Contohnya, saat saya memegang bingkai laptop, maka anggota tubuh saya yang lain, tidak boleh menyentuh lantai atau saya akan tersetrum.

Pada gambar sebelah kanan, baret ditimbulkan karena posisi engsel laptop yang cukup menjepit kebawah. Sehingga karena laptop sering dibuka-tutup, maka baret pun muncul.

Kerusakan berikutnya adalah hilangnya dudukan karet penyangga laptop. Buat pengguna VAIO yang dudukannya karet seperti saya harap hati-hati, karena dealer resmi juga tidak menjual sparepart ini. Saat dudukan saya hilang sebiji, saya pergi ke VAIO center mangga2mall dan dijelaskan bahwa mereka tidak ada. Solusi yang ditawarkan adalah menyuruh saya membuat ulang sendiri dudukan itu dengan karet penghapus. (kan ada penghapus merk BOXY yang warna hitam itu). Setelah saya coba membuatnya (meski tidak rapih) dengan menggunakan penghapus, secara bentuk (meski beda banget sama yang asli karena memotong karet tidak semudah memotong kertas)bisa menggantikan yang hilang itu, namun saat dipakai, jika laptop terseret sedikit saat bekerja, maka karet penghapus itu sangat mudah sekali aus dan bentuknya menjadi semakin kecil. Dibutuhkan karet tebal yang tidak mudah aus (seperti yang aslinya).

karet-dudukanPada foto disamping, dudukan yang ada sudah saya ganti dengan karet berwarna hitam. potongannya memang tidak rapih, tapi paling fungsinya masi dapat menjaga keseimbangan laptop dengan baik.

Tinggalkan Balasan

