kecewa dengan TV tuner Pixelview PlayTV USB 415 :(

Di akhir bulan juli lalu, aku membeli sebuah TV Tuner merk pixelview karena nama besar pixelview yang baik. Namun, akhirnya aku harus kecewa karena kualitas yang diharapkan cukup mengecewakan. Sekarang barangnya sudah saya retur, dan sedang dalam proses. Yang tersisa hanyalah pengalaman memakai yang akan saya coba tuang dalam review kali ini :

Bentuk kardus :

Berikutnya saat isi kardus dikeluarkan semua :

Itulah perlengkapan yang disertakan. Sebuah tv tuner, buku manual, cd driver, remote control, pemanjang kabel, converter ke kabel coaksial, dan converter ke kabel RGA (merah, putih, kuning)

TV tunernya sendiri berukuran cukup kecil. Detail bentuk tv tunernya :

Tv tuner yang keren bentuknya. Alasan saya membeli produk ini adalah karena di kos gak ada TV, jadi perlu tv tuner untuk nonton TV. Karena saya memakai laptop, maka tv tuner yang bisa dipakai adalah yang memakai interface USB. Berikutnya tinggal mencari TVtuner yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan saya.

Kelebihan TVTuner ini adalah:

1. Bentuk kecil dan hanya memerlukan 1 slot USB + antena = nonton siaran TV

2. Mendukung WIndows Vista (dan selama saya pakai programnya di vista, programnya lancar2 aja )
3. Dapet remote control. Remote control yang diberikan cukup kecil dan tipis. (cuma kayanya sia-sia nih. Tuh remote jarang aku pake.. dulu pas berencana mau nonton sambil tiduran di kasur, eh layar laptop begitu dilihat dari sudut pandang yang lain, warnanya jadi ancur..jadinya klo nonton selalu di deket laptop aja deh)
4. Mendukung Windows Media Center (WMC). Remotenya berjalan dengan baik di program WMC. Bisa atas bawah kiri kanan, klik, back, dll.
5. Ada converter ke RGA. Jadi bisa nonton dvd atau main PS2 pk layar laptop. (pengalaman aku main PS2 bareng temen aku dengan TV tuner ini sih cukup kacau.. layar diperbesar hingga 1280×800, dan gambarnya menjadi burem. Lalu saat main game, responese timenya lambat. Misal saat main Winning11. Begitu tombol X ditekan, dilayar perlu tunggu sekitar 1 detik baru bolanya terlihat dioper. Tapi lumayanlah masi bisa main PS2 pake tuh tvtuner.)

Gambar yang dihasilkannya bagus dan jernih. Saya puas dengan kualitas gambarnya. Daya tangkap siaran juga bagus.
Masalah terbesar dari TV tuner ini adalah kualitas suara-nya. Banyak gemanya dan itu bukan kesalahan antena. Saya mencopot kabel antena dari TV yang dimana siaran di tv bersuara jernih. Namun begitu kabel antena dicolokan ke tv, suara gema terasa sekali, terutama saat seseorang sedang berbicara.

Akhirnya karena sudah membeli tv tuner ini seharga 400ribu, maka saya merasa perlu meng-complain kualitas tv tuner ini. Complain saya lakukan ke toko. Beberapa hari kemudian (sebelum libur lebaran), TV tuner diganti dengan yang baru.. Asik.. dengan harapan masalah gak akan terjadi. Ternyata begitu saya tes kembali untuk menonton TV, suara gema kembali muncul. Grrr.. Kecewa.

Seusai libur lebaran, saya kembali klaim ke toko untuk ke-2 kalinya. Agar toko yakin, saya bawa laptop dan antena booster saya ke toko untuk diuji disana. DIuji disana, hasilnya memang terasa bergema. Akhirnya toko meng-claim lagi ke distributor.

Beberapa hari kemudian, toko menelpon untuk menguji tv tuner lagi di laptop dan antena booster saya. Kali ini untuk ke-3 kalinya saya digantikan TV Tuner yang baru. Tapi sayangnya, begitu di tes, masalah tetap muncul.. Beuh, pusing dah.. Uda diganti hingga 3x, eh hasilnya masi mengecewakan. AKhirnya toko menelpon langsung ke distributor untuk menjelaskan permasalahannya, dan akhirnya distributor mengakui bahwa kualitas suara di tv tuner mereka memang hanya seperti itu.. (Hhhhh,, ini untuk pertama kalinya saya kecewa dengan produk pixelview. ) Kemudian toko menawarkan opsi untuk mengupgrade tv tuner ini ke seri yang lebih tinggi (pixelview playtv global), yang katanya suara dan gambarnya lebih bagus dan jernih. Namun sayangnya, barang itu (pixelview playtv global) sedang kosong dari distributornya sendiri dan tidak tahu kapan akan ada barangnya..

Waaa.. terkejut. Merasa rugi 400ribu karena telah salah membeli produk. Akhirnya pilihan saya adalah meretur tv tuner ini (playTV 415) kembali ke distributor karena sangat kecewa dengan suaranya. Padahal tujuan awal saya hanya ingin menonton TV dari laptop dengan kualitas sebaik di tv biasa tanpa ada masalah. Ternyata untuk mencapai hal ini sulit juga ya.

Mungkin ada dari pembaca yang beranggapan, “ah, masalah suara aja memangnya penting ya?”. Disini saya jawab PENTING. Kadang suara lebih penting daripada gambar. Contohnya saja saat anda ke bioskop, dengan efek suara yang memukau, film pun terlihat lebih seru. Dalam kasus ini, karena suara yang dihasilkan buruk (byk noise dan echo), maka untuk menyaksikan sebuah sinetron aja, meskipun gambarnya bagus, namun karena gak terlalu mengerti apa yang dibicarakan, keinginan menonton menjadi hilang.

Kesimpulan: TV Tuner yang memiliki banyak fitur, namun sayang suaranya ancur.

tambahan:
sekitar 2 bulan dari retur terakhir saya, US$ sudah naik dari 9300 ke 10.500 dan tuh tvtuner jadi mahal. Mau tuker tambah juga tambahnya banyak banget. Akhirnya dari hasil retur, uang saya dikembalikan utuh 400ribu. (thx buat toko VPG Kemanggisan yang uda bantu retur, terutama mbak sugih yang nerima complain saya terus.. hehehe🙂 )

7 Balasan ke kecewa dengan TV tuner Pixelview PlayTV USB 415 :(

  1. wisya mengatakan:

    Btw, saya juga beli produk yang sama dan memang memiliki permasalahan yang sama. Sempat saya laporin ke toko sebulan kemudian saya ambil lagi (kabarnya sudah diperbaiki), ternyata eh sama aja suaranya ancur.

    Toko bilang silakan mas langsung ke distributornya saja biar mereka tahu permasalahannya dengan jelas. Tapi sekarang saya belum ke distributornya karena belum sempat. Tapi saya pasti harus ke distributor untuk complain masalah ini.

    Btw, retur itu maksudnya sama dengan “return” = dikembalikan, ya? Jadi uang kita kembali utuh?
    Wah emang prosedunya gampang ya?

    Saya juga mau klo gitu. Ya, paling engga diganti sama produk lain yang lebih bagus juga boleh…

  2. firefar mengatakan:

    kak wisya, klo menurut saya sih itu produk gagal. Mau diperbaiki atau diganti baru sampai 3x juga pasti suaranya masih hancur. Distributornya juga harusnya mengerti merasa bahwa produk yang mereka pasarkan kurang bagus suaranya.

    Coba aja bawa ke distributornya dan ketemu langsung sama teknisinya (suruh tes disana juga biar dia mengerti bagaimana masalah suara yang dihadapi). Klo dia ada tuker tambah dengan produk yang lebih bagus, mungkin boleh diambil (asal nambahnya jangan terlalu byk) atau retur dikembalikan 100% uang kita.
    Karena pengalaman saya uang saya dikembalikan utuh 100%, maka bisa saya katakan bahwa distributor pixelview (dealer sempurna) fair dan bijak.

    Adapun dari hasil pencarian saya di google, distributor pixelview di indonesia:
    Sempurna
    Ruko Dusit Blok A no. 3B
    021-6129920 / 6129946

    ATAU

    SEMPURNA COMP
    MANGGA DUA MALL LT.4 NO 43A
    tlp : 021-6129920-6129946

  3. wisya mengatakan:

    Makasih ya infonya. Karena saya tinggal di Bandung maka saya hubungi distributor yang di Bandung. Tapi ternyata oleh distributor di Bandung dikirim ke Distributor pusat di Jakarta. Jadi dia ga bisa ngasih keputusan. Ya sudah, saya nitip pesan aja biar dia bisa ngasih solusi: mengembalikan atau tuker produk lain.

  4. h317di mengatakan:

    info yg sangat berguna. thx

  5. dizzy mengatakan:

    tpi yang playtv global emang lbih bagus y? saya lagi review2 tv tuner jg ni, tadinya udah naksir sama yg usb 415, tpi kalo gini jadinya males jg😀 udah coba yg playtv globalnya blum?

  6. firefar mengatakan:

    belum bro.. waktu gw mau tuker tambah ke playTV global, di distributornya barangnya lagi kosong..

  7. priceneverlie mengatakan:

    info yang berguna, tapi keburu telat, soalnya udah kebeli duluan baru baca blog ini… apezz…

Tinggalkan Balasan

