review singkat Acer AspireOne A110

Beberapa hari lalu baru mendapat pinjaman Acer AspireOne A110 ini dari saudara sepupu karena dia minta diformatin linux bawaan-nya dan ganti dengan WinXP profesional SP3 bajakan. (hmm.. sebenarnya tidak disarankan memakai produk bajakan, karena itu melanggar hukum. Tapi lanjut aja deh… kan polisinya jg gak tau.. wkwkwk :p)

Pandangan pertama melihat kotaknya, lalu membuka kotaknya :

Isi kardusnya ada kartu garansi, user manual, recovery disc LINUX, laptop, batere dan charger. (Disini TIDAK  dapat driver XP, sehingga kalo mau install XP di A110 ini perlu cari dan download sendiri drivernya. Klo aku sih download drivernya dari ftp://ftp.work.acer-euro.com/notebook/aspire_one_150/driver/ .Itu situs support acer wilayah Eropa, tapi lambat banget aksesnya, soalnya byk yg download, terus tuh situs batasin maksimal cuma 2000 download aja yg diizinkan. (gw pernah gak bisa masuk tuh situs dgn alasan user has reach 2000 person😦 ). Dari link ketulis bahwa tuh driver buat Acer AspireOne A150, nah akan tetapi tuh driver juga cocok buat acer aspireone A110, karena A110 dan A150 hanya beda di bagian Harddisknya saja.

Berikutnya, tampilan fisik laptopnya…

Fitur2 colokan yang ada seperti VGA out, RJ45, 3buah USB, dan 2 slot cardreader. Disebelah kiri adalah cardreader untuk SD card, sedangkan yang disebelah kanan untuk card2 lainnya, seperti MemoryStick, dll.


Mengenai ukuran, bisa dilihat bahwa panjang sekitar 25cm dan lebar sekitar 17cm.

Setelah melihat bentuk luar, saatnya membuka layarnya…

casing mengkilap, layar crystal bright seperti kaca, tuts keybord cukup besar dan cukup nyaman untuk dipakai mengetik. Masalahnya hanya touch-pad yang agak kekecilan dan tombol click dan right-click yang berada di sisi samping touchpad (bukan dibawah touchpad), serta ukuran tombolnya cukup kecil.

Berikutnya adalah baterei. Baterei di Acer A110 ini cukup kecil (lihat gambar)

Dari tulisan di batere terlihat bahwa kapasitasnya hanya 2400MAh. Kapasitas batere yang cukup kecil dibanding produk sekelasnya, dan ini juga mempengaruhi daya tahannya ketika dipakai bepergian.

Mengenai masalah suhu, bagian yang terpanas ada di (yg diberi warna merah)

Pertama saya pikir lubang udara yang cukup banyak dan besar dibagian bawah akan menghantarkan panas yang banyak, namun ternyata panas kebanyakan disalurkan melalui lubang di sebelah kiri. Lubang udara dibawah laptop tidak banyak berfungsi (mungkin hanya sebagai pengatur sirkulasi udara).
Mengenai bagian atasnya, sama seperti netbook lainnya, bagian kiri dan kanan touchpad akan berasa panas jika netbook terlalu lama dinyalakan dalam suhu ruangan tanpa AC.

Setelah puas melihat bentuk luarnya, langsung saja dinyalakan laptopnya. Booting masuk ke linux yang luar biasa cepat. Seperti booting OS(Operating Sistem) di handphone aja, langsung bisa masuk GUI OS nya. Sayangnya, linux tersebut penuh dengan keterbatasan, seperti bingung mau instal program tambahan, dll. (kecuali jika anda hanya menggunakannya untuk browsing, nonton, mengetik, presentasi, dan main game ringan). Akhirnya karena adanya keterbatasan itu, laptop pun langsung di format dan diganti dengan WIndowsXP bajakan.

Proses penginstallan WindowsXP dilakukan dengan CD-ROM extenal (ini cara yg paling mudah. hehehe🙂 ). Pada saat pemilihan file format, saya memilih menformat dengan FAT. Hal ini dicoba karena mendapat berita dari forum bahwa dgn FAT bisa lebih cepat (gak tau bener atau nggak sih. :P). AKhirnya dalam waktu 1 jam, instal windows XP beres dan langsung install driver-drivernya yang tadi sudah di download. Absolutly, hasilnya memuaskan. Berikut beberapa keterangan mengenai hardware di Acer AspireOne A110 :

=> GPU menggunakan intel GPU 945G.

=> tampilan device manager (klik digambar untuk memperbesar)

Sedikit komentar, Acer ASpireOne A110 ini menggunakan SSD 8GB dan memory 1GB. Nah dari hasil pencarian saya di forum-forum, dikatakan bahwa RAM laptop ini 512MB nya adalah onboard (disolder langsung ke motherboard) dan sisanya baru RAM beneran (dalam bentuk batangan). [Berita ini belum saya cek kebenarannya, karena gak berani bongkar isi laptop orang lain. hehehehe..]
Kemudian prosesor yang digunakan adalah intel Atom dimana intel Atom ini adalah prosesor single core dengan 2 thread (multi threading). Jadinya dia bisa mengerjakan proses2 multi threading dengan lebih cepat.
Dan jika kita membuka task manager, akan terlihat dibagian CPU Usage History terbagi menjadi 2 jendela untuk memantau kinerja CPU.

oh ya, rumor di internet yang bilang jika Acer AspireOne A110 ini diinstal WindowsXP, kinerjanya akan melambat parah, dalam percobaan yang saya lakukan berita itu tidak benar. Mgkn karena saya pake partisi FAT, atau karena faktor keberuntungan, saya juga tidak tahu. Yang jelas buat saya tuh loadingnya uda lumayanlah buat laptop dengan prosesor sebesar itu.

Menurut pendapat saya,  laptop ini adalah yang termurah dikelasnya dengan kemampuan yang bagus. Dengan harga segitu, bisa mendapatkan hardware yang lumayan tinggi dikelasnya dan layar yang bentuknya seperti kaca. Kekurangannya hanya pada batere yang kecil kapasitasnya, harddisk yang kecil juga kapasitasnya, serta tombol click dan right click yang kurang enak posisinya dan terlalu kecil.

3 Balasan ke review singkat Acer AspireOne A110

  1. bagas mengatakan:

    Mas,saya juga br beli ehh hutang ding..Pertanyaannya cuma satu, di mana ya tombol volumenya?..hehhe…maklum…awam dlm perkomputeran

  2. firefar mengatakan:

    volume -> Fn + Panah atas / panah bawah

  3. ahmad mengatakan:

    saya juga pake laptop yang sama, tapi saya setelah instal ke xp lemot pas star up… ya… agak ga biasa lah.. lalu saya putusin bwt balik lagi ke linux tapi ternyata pas saya cari cdnya ilang… minta tolong buat minta copyannya donk. bls ke email saya aja madeofjava@yahoo.com.
    makasie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: