Partisi HDD baru

Tutorial format hdd lewat windows :

Setelah membeli HDD baru, HDD tersebut biasanya belum terpartisi dan belum terformat. Agar bisa dipakai, HDD itu harus diformat terlebih dahulu. Banyak orang awam cukup bingung dengan kata “format” dan “partisi”, dan menganggap itu mirip, padahal itu adalah 2 hal yang berbeda.
Format harddisk adalah proses penyimpanan stuktur data dari OS, agar OS itu bisa membaca disk tersebut.
Dalam windows, partisi yang bisa dipakai antaralain: FAT, FAT16, FAT32, dan NTFS.

Mengapa jika kita memformat suatu disk yang telah berisi, maka seluruh isi dari disk itu akan hilang (lost)? Hal itu disebabkan karena Operating Sistem (OS) menulis ulang seluruh struktur datanya ke dalam disk, sehingga data2 lama dalam disk (yg sebenarnya hanya kumpulan bit) akan ditulis ulang hingga akhirnya tak terbaca lagi).

Berikutnya adalah partisi. Partisi adalah proses pembagian disk menjadi beberapa bagian. Intinya Partisi HANYA MEMBAGI. Suatu disk bisa dipartisi / dibagi menjadi beberapa bagian tanpa diformat. Kenapa kita perlu mempartisi suatu disk? Mungkin buat pengguna WIndows yang terbiasa hanya memakai 1 partisi (drve C doang) merasa gak perlu partisi. Contoh nyata pengalaman aku mempartisi disk aku adalah untuk managemen data (agar data lebih terstruktur) dan mempermudah memformat windows jika windows sudah mulai lambat. Misalkan disk aku partisi menjadi 2 bagian,:  C untuk sistem dan D untuk data. Suatu saat jikalau windows uda mulai melambat / kena virus / bermasalah (heran, klo pk windows pasti selalu ada aja masalah.. ^_^”), langsung aja format drive C nya.. Data di drive D tidak akan terpengaruh dan tetap aman.
Jadi, bisa saya sarankan kepada teman2 agar membiasakan mempartisi harddisk.

Berikutnya, memformat HDD baru dari windows : (dalam kasus, baru saja beli HDD baru buat tambahan space dalam menyimpan data)

1. pastikan HDD baru terdetect di BIOS. Saat masuk ke WIndows Explorer, Anda memang tidak akan melihat ada drive baru, karena HDD baru itu blm diformat dan belum dapat dipakai.

2. Buka Control Panel, Administrative Tool. Setelah itu double click computer management. Setelah itu pilih Disk Management yang masi bagian dari Storage dibagian kiri bawah.

3. Setelah masuk, akan kelihatan gambar2 disk yang kita pasang.. bagian disk paling bawah yang berwarna hitam bertuliskan Unallocated, yang artinya masih belum teralokasi dan terformat. Untuk memakainya (format), right click di gambar disk yg Unallocated itu, lalu pilih new partition, akan muncul windows wizard yang akan membantu menuntun..

4. Langkah2 di wizard,
langsung klik next

pilih primary partition dan klik next

masukan partition size yang diinginkan.. klo mau pk 1 partisi saja, masukan aja Partition size in MB = nilai dari maximum disk space.

Pilih drive letter yang diinginkan.. misal drive D atau E, dst

disini ditentukan akan diformat dengan file system apa. Untuk WinXP, file system yang biasa digunakan adalah NTFS. Sebenarnya dengan FAT32 juga bisa, namun NTFS menawarkan tingkat keamanan dan kestabilan yang lebih baik daripada FAT32.
Allocation size unit terserah saja mau diisi berapam, itu menentukan besar 1 cluster untuk sebuah file. Biasanya aku isi dengan Default dari Windows.
Volume Label isi dengan Label yang ingin diberikan pada disk tersebut.
Perform Quick Format jika Anda ingin format lebih cepat (namun kabarnya quick format kurang bersih dalam memformat disk, dan data lama Anda sebelum diformat masi bisa dikembalikan dengan program tertentu)
Enable File & Folder COmpresion untuk mengizinkan windows agar mengompress file dan folder, sehingga ukuran file bisa lebih kecil (tapi kayanya beda ukurannya gak terlalu signifikan)

Bagian Akhir, windows akan mereview ulang apa saja yang telah kita pilih tadi. Jika sudah yakin, klik Finish. Nanti windowsnya akan memformat drive baru secara otomatis.. dan tinggal di tunggu sampai selesai deh.

Satu Balasan ke Partisi HDD baru

  1. indra mengatakan:

    terima kasih ya atas petunjuk nya mudah2an yg pnya web ini tambah maju n berkah.wass

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: