Centrino logo?

April 13, 2008

Beberapa minggu yang lalu saat dikelas aku sedang menggunakan laptop, tiba2 datang teman ku yang berinisial R H, dimana RH ini cukup pandai dan juga mengajar di EVO. Dia melihat laptop ku, lalu berkomentar:
RH : Koq belinya yang centrino, bukan Core2Duo?
Far : Hmm, Apa yang kamu tahu tentang centrino?
RH : Ya setahu gw centrino kan uda lama dan bentar lagi ketinggalan zaman. Harusnya lo beli yg Core2Duo…
Far : ooo.. (dalam hati bilang: sok tau bgt nih anak..)
Percakapan selesai. Akhirnya aku lihat logo centrino di laptop ku dan berfikir “sepertinya intel sudah membuat banyak logo yang menyesatkan”. Sekarang akan aku bahas mengenai logo centrino di Intel.

1 Dimulai pada tahun 2003, intel mengeluarkan brand centrino pertama. Laptop yang mendapatkan logo ini harus memiliki :
– Intel Pentium M processor (code-named Banias or later Dothan) with a 400 MT/s FSB, Socket 478
– Intel 855 series chipset (code-named Odem or Montara with Intel Extreme Graphics 2)
– Intel PRO/Wireless 2100B or later 2200BG mini-PCI Wi-Fi adapter (code-named Calexico)
2 Di tahun 2006, Intel mengeluarkan logo baru, yakni Centrino Duo, yang dimana menggunakan prosesor CoreDuo atau Core2Duo. Syarat centrino duo antara lain :

– Mengggunakan prosesor dengan core arsitektur (Intel CoreSolo, CoreDuo (Yonah), Intel Core2Solo, Core2Duo (Merom)
– Memakai chipset Intel Mobile 945 Express series (yang memakai Intel’s GMA 950 dan ICH7M southbridge) dan RAM yang dipakai sudah DDR2
– Memakai Intel PRO/Wireless 3945ABG mini-PCIe Wi-Fi adapter

3 Dimulai dari tahun 2007, dengan platform Santa Rosa, centrino duo kali ini menggunakan prosesor yang lebih baru, yakni procesor dengan FSB 800Mhz. Centrino DUo kali ini terdiri dari :
– prosesor intel Core2Duo dgn FSB 800Mhz
– chipset Intel 965 Express (GM9565 dengan Intel X3100 onboard grafic, or PM965 ). Memory yang digunakan masih DDR2
– Intel WiFi Link 4965AGN (a/b/g/draft-n) mini-PCIe Wi-Fi adapter

Seusai mengeluarkan logo terakhir itu, tiba2 intel merubah logonya. Saya sendiri juga bingung apa maksud intel membuat keputusan seperti itu. Dari info yang saya dapat dari wikipedia,

Nah, logo yang dilihat teman saya adalah new logo yang baru di sebelah kiri bawah. Karena bertuliskan sama-sama centrino, dia pikir spek laptop saya sama dengan centrino pertama. Sebenarnya dia gak salah juga, karena dia juga telah dibuat bingung oleh intel dengan logonya yang banyak itu.
Kesimpulannya, hati-hatilah dalam melihat logo. Jangan sampai Anda tertipu dengan logo intel yang banyak dan beragam itu.