cara memasang HDD SATA

Artikel dan tutorial ini saya persembahkan spesial untuk teman saya, Mr.Bunz, yang telah mengajak saya membeli HDD murah dari kaskus.. Thx Mr.Bunz.

Sebenarnya pasang HDD SATA tuh mudah, tapi berhubung temen saya rada takut dan bingung, maka saya kasi tahu caranya deh :

1. Siapin barang2 yang diperlukan seperti:
– obeng
– mur
–  harddisk baru yg mau dipasang

–  motherboard yg slot SATA nya masi kosong

–  Kabel data SATA

–  PSU (power supply) yang ada colokan power SATAnya, dan listriknya memadai (ingat: memakai PSU abal2 yg listriknya gak terjamin akan membahayakan harddisk dan komponen lain di PC Anda)

2. Tahap berikutnya adalah membuka sisi kiri casing dengan obeng. Setelah casing terbuka, cari slot SATA di motherboard. Pastikan bahwa slot SATA itu masih ada. Setelah itu, pasang HDD ke casing.. (yah, bagian ini agak ribet2 dikit, karena biasanya untuk casing ATX, harddisk mentok ke motherboard, jadi mgkn perlu copot memory atau copot kabel apa dulu biar HDDnya bisa masuk ke tempatnya di casing..)

Setelah HDD nya uda masuk, kunci harddisknya pk mur. Biasanya sih aku kencengin pk 4 buah mur.

Setelah HDD sudah terpasang rapi di casing, bagian terakhir tinggal memasang kabelnya..

Perhatikan (dan klo perlu perbesar gambar diatas). Di HDD SATA hanya ada 2 slot colokan itu.. colokan buat listrik dan DATA. Yg disebelah kanan kabel data, adalah tempat untuk jumper.
Karena sudah tahu gunanya, jadi langsung aja colok kabelnya.. (hints: ujung kabel sata [data maupun listrik], ujungnya sekilas membentuk huruf L). Jika sudah dicolok, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :

Nah, klo uda kecolok, artinya uda beres deh.. tinggal set dari bios buat detect ada Harddisk baru.. tapi biasanya BIOS uda otomatis detect ada harddisk baru koq tanpa perlu kita setting biosnya.

About these ads

8 Balasan ke cara memasang HDD SATA

  1. MR BEAN mengatakan:

    KLO misalkan Kbelsatanya dua maka cara memasang nya dimana sich ?? aq gi bingung nech! plese dech jawab yach !1 thx

  2. MR BEAN mengatakan:

    cara menentukan atas bawah nya gimana sih ??

  3. firefar mengatakan:

    buat Mr bean: cek email..
    singkatnya sih klo di motherboard misalnya ada 4 port sata, dan kita harus colok ke port yang mana? Itu terserah, karena di port yang manapun kamu coloknya, BIOS biasanya tetap dapat mendeteksi harddisk kamu..

  4. kartika mengatakan:

    kenapa ya tiap masang hdd sata, udah 2 kali ni, sering hangus? apa penyebabnya? padahal memasangnya sudah bener. hdd sataku merek seageta 40GB. tlong infonya

    • firefar mengatakan:

      @ kartika, maksudnya ‘hangus’ itu, pas komputer dinyalakan, HDD gak nyala (gak ada suara hdd muter dan hdd gak geter) dan langsung muncul bau hangus ya?

      dari pengalaman saya sih, kemungkinan besar ini dari kabel PSU (power supply).
      Jadi dari Power Supply tidak ada cabang kabel yg berujung SATA (yg ujung conectornya bentuk nya L). Adanya hanya yang bercabang 4pin molex (yg lubangnya ada 4 dan kabelnya warna kuning, hitam,hitam, merah).

      karena cuma ada kabel yg berujung itu (4pin molex), maka terpaksa digunakanlah converter 4pin molex to SATA. Nah, converter ini harus benar-benar dipasang dengan kuat, rapat, dan kencang. Karena biasanya dari sini lah muncul arus pendek yg membuat harddisk terbakar.
      Sekedar info, kabel listrik untuk SATA sebenarnya berbeda dikit dengan kabel listrik untuk HDD PATA (alias kabel 4pin molex itu). Karena kabel listrik untuk SATA ada 5 kabel dengan warna orange, merah, hitam,hitam, kuning. (Ada tambahan kabel warna orange yg memberi listrik 3,3V)

  5. Hery mengatakan:

    Tolong donk, aku mau masang hardisk tambahan gimana caranya, seperti kabel yang harus dicolokin apa aja dan perlu setingan khusus ga? hardiskku jenis Sata. tlg dibales vie email klo bisa
    trima kasih

  6. firefar mengatakan:

    @hery
    sebelum nambah harddisk, pastikan daya dari powersuppy (PSU) cukup. Ama cek kabel listrik dari PSU-nya masi ada nggak?
    caranya : cabut listik dari cpu, buka casing, trus liat: dari PSU kan ada banyak kabel yg berseliweran. Nah diantara kabel yg gak kecolok, ada gak yg buat SATA. (bentuknya sama spt yg tercolok ke HDD SATA kamu saat ini)
    Trus port data sata di mainboard (spt gambar no.2 diatas : http://www.elitebastards.com/hanners/amd/690/images/motherboard_sata_tn.jpg) masih ada kan..

    Dengan asumsi daya PSU kamu cukup, maka kamu cukup beli HDD baru dan kabel data SATA nya. (karena klo beli HDD gak dapet kabel :D )

    selamat mencoba

  7. arya mengatakan:

    mas mau nanya nih…

    klo kasus sata power terbakar trus ngikut ke slot di HD sata nya,,,, tu HD masih bisa di pakai gk…

    prasaan di Komputer aku yg sebelumx gk pake colokan sata power msh bisa pke HD sata..

    nah…critanya kan PS aku (simbadda 430w) dah kebakar nih ….aku mau ganti dgn PS xtreme 450w…bisa gk ??

    mohon penjelasanx lewat email aku jg bang ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: